Melestarikan Budaya Betawi di Jakarta Fair

Jum'at, 09 Juni 2017

Jakarta Fair Kemayoran kini telah sampai pada usianya yang ke-50 tahun dan telah menjelma menjadi salah satu pameran modern terbesar dan terlama se-Asia Tenggara. Meski begitu, Jakarta Fair bukanlah layaknya kacang yang lupa pada kulitnya. Jakarta Fair tentunya akan terus mempertahankan dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebudayaan betawi dalam setiap penyelenggaraannya. Salah satunya dengan mengadakan Kampung Betawi yang telah berjalan dari tahun ke tahun.

Kampung Betawi memang sudah dikenal eksis memperkenalkan sejumlah sajian kuliner Betawi di setiap kali penyelenggaraan Jakata Fair Kemayoran. Tahun ini, Kampung Betawi masih bertempat di area belakang Hall D Jiexpo Kemayoran. Hanya saja, kini Kampung Betawi tampil dengan nuansa yang sedikit berbeda, karena tampil beriringan dengan Kuliner Nusantara yang berada di sebelahnya.

Khusus untuk kuliner, Kampung Betawi memiliki total hingga 42 stand yang mayoritasnya berasal dari Usaha Kecil Menengah (UKM). Banyaknya jumlah pengisi stand kuliner ini ditujukan untuk memberikan para pengunjung pilihan untuk berbuka puasa di Jakarta Fair Kemayoran.

Kampung Betawi bisa menjadi tempat yang tepat untuk berbuka bersama kerabat dan keluarga dengan harga yang terjangkau. Disini para pengunjung bisa kembali bernostalgia dengan sejumlah makanan betawi yang memiliki cita rasa khas. Beberapa hidangan seperti kerak telor, toge goreng, dodol betawi, aneka soto betawi, laksa hingga nasi ulam semuanya tersedia di Kampung Betawi.

Para pengisi stan Kampung Betawi ini juga merupakan para pengusaha binaan Lembaga Kebudayaan Betawi. Kampung Betawi juga dengan kata lain memberikan kesempatan kepada mereka para pengusaha yang berasal dari UKM, untuk dapat mengembangkan bisnisnya di Jakarta Fair Kemayoran tahun ini.

Tak hanya memperkenalkan kuliner, di sini para pengunjung juga bisa menemukan pertunjukan-pertunjukan seni dan budaya tradisional Betawi, mulai dari Gambang Kromong, Lenong, berbagai tarian dan juga parade pertunjukan silat. Selain itu, tak lupa juga Kampung Betawi tahun ini akan kembali mengadakan Festival Abang-None Cilik yang telah menjadi icon dari Kampung Betawi itu sendiri.

Kampung Betawi juga akan diramaikan oleh sejumlah seniman-seniman kenamaan budaya Betawi. Beberapa diantaranya adalah seperti Bang Qubil, Bang Ocid dan Sony Wakwaw, seniman-seniman Betawi yang juga kerap tampil di tayangan televisi.

Seperti diketahui Jakarta Fair Kemayoran 2017 telah dibuka pada 8 Juni dan akan berlangsung selama 39 hari hingga 16 Juli mendatang, menyuguhkan pameran perdagangan dan beraneka hiburan maupun sarana permainan untuk keluarga. Jakarta Fair tetap dibuka saat hari-H lebaran dan akan menjadi destinasi libur lebaran yang seru bagi warga Jakarta dan sekitarnya.

Jakarta Fair Kemayoran dibuka mulai pukul 15.30 wib dengan tiket masuk Rp 25 ribu pada hari biasa (Selasa-Kamis), dan dibuka mulai 10.00 wib dengan tiket masuk Rp 35 ribu pada akhir pekan maupun hari libur nasional. Setiap hari Senin ada diskon tiket masuk hanya Rp 20 ribu rupiah saja.

Recent News

Uniknya Ragam Souvenir Khas Jakarta Fair
Libur Lebaran, Warga Antusias Kunjungi Jakarta Fair
Djarot Targetkan 6 Juta Pengunjung di Jakarta Fair 2017
Parade Motor Baru di Jakarta Fair Kemayoran 2017